Trend Berjemur Saat Pandemi Corona

Admin April 24th, 2020 0 comments Artikel

Meningkatnya jumlah kasus penderita COVID-19  membuat beberapa masyarakat diikuti ke khawatiran akan penularan virus tersebut. Di tengah instruksi untuk mengisolasi diri di rumah, banyak dari mereka melakukan berbagai cara agara tetap sehat dan terhindar dari virus corona, salah satunya dengan berjemur di pagi hari.

Warga yang tinggal di kawasan permukiman padat bantaran rel kereta api tersebut berusaha untuk menjaga imunitas tubuh dengan berjemur dan berolahraga. FOTO : I-FOTOGRAFI/Panji Satria.

Pandangan bahwa berjemur bisa meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah virus corona ternyata tidak sepenuhnya benar. WHO (badan kesehatan dunia)  telah menerbitkan statment pada laman resminya, bahwa kita bisa terinfeksi COVID-19 tak peduli seberapa cerah dan panasnya cuaca. Untuk perlindungan diri, pastikan kita mencuci tangan sesering mungkin dan hindari menyentuh mata, mulut dan hidung.

Tapi bukan berarti berjemur dibawah sinar matahari tidak memberikan manfaat, faktanya tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin D dengan sendirinya sehingga kita membutuhkan paparan sinar ultraviolet B (UVB) matahari yang akan di ubah oleh tubuh menjadi vitamin D. Dalam vitamin D terkandung senyawa imunomodulator yang bisa memperbaiki sistem imun tubuh.

Agar mendapat manfaat dari berjemur, perhatikan cara yang benar berikut ini :

Pada tabel UV indeks menurut WHO terdapat skala 0 hingga 11+ dengan tingkatan moderate, very high dan extreme. Tabel tersebut bisa digunakan sebagai acuan untuk mendapat sinar UV yang bermanfaat dan tidak merusak kulit. Pukul 9 hingga 10 pagi merupakan waktu yang tepat untuk berjemur karena indeks UV maksimum berada pada angka 3-5 dengan level moderate. Durasi waktu untuk berjemur cukup 10-15 menit di jam 9 hingga 10 pagi.

Berjemur menjadi aktivitas sehari-hari oleh warga yang tinggal dibantaran rel kereta api. FOTO : I-FOTOGRAFI/Fahrullah

Jadi, pandangan bahwa untuk mencegah virus corona adalah dengan cara berjemur itu tidak benar tetapi jika untuk meningkatkan imunitas tubuh itu benar adanya. Banyaknya informasi akan berbagai macam hal di tengah pandemi COVID-19 ini menjadi salah satu cara agar kita lebih bijak lagi memilah dan memilih informasi yang kita terima. Jangan lupa cuci tangan dan hindari berpergian keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak ya, stay  health and stay safe!

Penulis : Rury Rufica

Leave a Reply