TIPS FOOD PHOTOGRAPHY

Admin April 24th, 2020 0 comments Artikel

Halo sobat I-Fotografi, selama #dirumahaja tentu membosankan bukan jika hanya berdiam saja di rumah? sebenarnya ada hal yang bisa kalian lakukan untuk mengisi waktu luang di dalam rumah, salah satunya dengan memotret. Hasil masakan mu atau masakan ibu mu bisa kamu jadikan objek yang bisa kamu potret untuk menghasilkan gambar yang epik, dan menggiurkan lho, tentunya dengan tekniknya masing-masing. Di artikel kali ini kita akan bahas terkait tips food photography mulai dari segi alat hingga komposisi dan komponen yang bisa kalian gunakan dan terapkan. Yuk simak bersama!

1. Pemilihan Lensa

photo by pinterest

Pemilihan lensa dapat memberi pengaruh terhadap food photography dibandingkan kamera. Terdapat 2 jenis lensa yang disarankan yaitu lensa fix dan lensa makro. Lensa fix  adalah lensa yang tidak dapat mengubah focal length namun untuk memperlebar jarak jangkauan kalian dapat melakukan zoom manual dengan memposisikan tubuh mu sendiri. Sedangkan lensa makro disarankan karena ia dapat memotret dengan jarak yang amat sangat dekat. Sehingga dapat mendapatkan detail yang focus. Dalam memilih lensa untuk food photography focal length merupakan suatu kunci utama. Semakin tinggi angka focal length (mm) maka gambar akan diperbesar. Focal length ini akan mempengaruhi lebar area yang masuk ke sensor kamera untuk mengatur full frame dan crop frame serta prespektif yang berbeda-beda pada masing-masing focal length.

2. Perhatikan Teknik Pencahayaan

photo by pinterest

Pencahayaan merupakan aspek yang penting. Terdapat 3 jenis sumber cahaya yaitu : Available light (cahaya yang sudah tersedia secara alami seperti cahaya matahari), Artifical light (cahaya buatan seperti flash, senter, lampu studio) dan Mix light (gabungan antara available light dan artificial light). Untuk kalian yang lagi dirumah, kalian bisa manfaatkan available light. Untuk mengatur dan menyaring intensitas cahaya kalian bisa gunakan diffuser agar memberikan dimensi yang mendalam.

3. Maksimalkan Angle Foto

photo by pinterest

Angle foto bisa dibilang rumit, karena perlu adanya kreativitas saat menentukan arah. Perlihatkan sisi terunik dari makanan yang kalian foto. Angle dengan bird eye (atas) sangat disarankan karena dapat dikatan angle ini menjadi salah satu faktor terjadinya visual hunger. Namun tidak menutup kemungkinan angle yang lain tidak dapat digunakan. Kalian perlu mencoba pengambilan gambar dari banyak arah supaya dapat menemukan sisi yang menarik untuk ditampilkan.

4. Kuasai Komposisi Dasar Rule Of Third

photo by pinterest

Komposisi dasar yang dapat kalian terapkan adalah rule of third. Rule of third merupakan teknik membagi gambar menjadi tiga bagian panjang dan lebar (3×3). Penggunaan rule of third dapat mempermudah kalian dalam meletakan subjek makanan di dalam frame.

5. Pilih Jenis Background Foto Makanan

photo by Yuli Asih W

Pemilihan background akan berdampak pada hasil foto kalian lho. Ada beberapa background low budget yang bisa kalian temukan dirumah , yaitu :  kain goni, kain katun, talenan kayu, nampan antik, keramik lantai, kertas perkamen, dan potongan paper bag.

6. Tambahkan Objek Foto

photo by Yuli Asih W

Untuk mempercantik foto, kalian dapat menambahkan objek lain seperti garpu, sendok, air, atau bahan yang terdapat dalam menu objek foto kalian. Penambahan objek ini berguna untuk mengurangi ruang kosong pada gambar. Namun dalam penambahan objek ini jangan sampai melebihi objek utama nya, cukup sebagai pelengkap foto saja.

Reference : Kreatif.com, Plazakamera.com

Leave a Reply