Sejarah

Terdapatnya kesamaan hobby yang juga dilatarbelakangi oleh semangat untuk berkreasi dan berkreatifitas dibidang fotografi menginspirasikan mahasiswa FISIP UHAMKA  untuk membentuk suatu komunitas.

Pada mulanya, nama komunitas yang berdiri pada tanggal 14 Juli 2000 adalah Komunitas Mahasiswa Fotografi FISIPHOTO, karena pada waktu itu komunitas fotografi ini masih berada dibawah naungan Fakultas dan kebanyakan anggotanya adalah mahasiswa FISIP UHAMKA.

Kegiatan-kegiatan FISIPHOTO ini pastinya selalu yang berhubungan dengan fotografi diantaranya mengadakan pameran foto dan hunting bersama klub-klub fotografi yang ada di berbagai Perguruan Tinggi di Jakarta.

Harta yang paling berharga. Inilah yang dirasakan oleh mahasiswa FISIP UHAMKA. Karena komunitas ini adalah “satu-satunya” komunitas yang ada di UHAMKA yang bergerak di bidang fotografi. Ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi mahasiswa FISIP UHAMKA khususnya pengurus.

Pergantian nama pun di lakukan untuk memperluas jaringan, dari FISIPHOTO yang hanya organisasi fakultas FISIP menjadi LIMAU (Lintas Imajinasi MAhasiswa Uhamka) yang menjadi organisasi sekaligus UKM Universitas di UHAMKA. Kini, tidak hanya mahasiswa fakultas FISIP saja yang boleh mengikuti organisasi ini, tapi semua fakultas di perbolehkan.

Ketua demi ketua berganti, waktu demi waktu pun ikut berganti. Hingga pada tahun 2006 bulan 6 tanggal 6, terlahir nama baru dan selogan untuk UKM ini yaitu I-Fotografi “A Beautiful is in The Eye. Begitulah nama baru dan selogan yang di sematkan oleh para petinggi dari LIMAU yang kini telah berganti nama menjadi I-Fotografi yang memiliki banyak makna tersembunyi di balik nama I, salah satu maknanya yaitu Mata.

Mudah-mudahan UKM MPF I-FOTOGRAFI ini dapat terus berupaya keras menjadi organisasi yang mampu mengembangkan kreatifitas mahasiswa UHAMKA dalam bidang fotografi dan selalu berusaha menangkap kegelisahan di dalam maupun di luar dirinya serta dapat menyampaikan pesan sosial yang direfleksikan dengan media fotografi.