Mengenal Perbedaan DSLR dan SLR

Admin February 21st, 2020 0 comments Artikel
Foto dan Ilustrasi oleh Kamilah Emiliah, Afif Imaduddin

Mengenal perbedaan SLR dan DSLR.

Jaman milenial sekarang ini, banyak kalangan anak muda memiliki kebiasaan atau hobi foto-foto mulai dari menggunakan smartphonenya bahkan sampai membeli kamera. Bagi para fotografer sudah menjadi hal yang biasa untuk memilih kamera yang tepat. Tapi bagaimana dengan teman-teman yang baru akan menekuni fotogafi? Pastinya akan bingung memilih kamera seperti apa yang cocok dengan mereka?

Di indonesia sedang ramainya penggunaan kamera SLR dan DSLR. Walaupun terlihat antusias yang tinggi, namun masih banyak yang belum mengetahui perbedaan antara kamera SLR dan DSLR. Bahkan masih banyak juga yang  salah menyebut dan menangkap fungsi dari kedua jenis kamera tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut kita akan membahas mengenai perbedaan Kamera SLR dan DSLR.

Kamera SLR singkatan dari Single Lens Reflex atau biasa disebut Kamera Refleksi Lensa Tunggal merupakan jenis kamera dengan sistem pengambilan gambar secara tunggal, yang meneruskan cahaya pada hasil potret menuju 2 tempar berbeda yaitu focal plane dan view finder. Sedangkan Kamera DSLR atau Digital Single Lens Reflex adalah jenis kamera yang sistem pengambilan gambar dengan mengandalkan pentaprisma dan mechanical mirror system pada saat cahaya diteruskan dari lensa ke optical view finder.

Dalam penyimpanannya, Kamera SLR menggunakan Roll film berukuran 35mm. Hasil foto pada kamera SLR tidak bisa diedit dan dicetak dengan cara manual melalui proses yang cukup lama. Sedangkan Kamera DSLR menggunakan Kartu Memori dengan kapasitas yang berbeda-beda. Hasil foto kamera DSLR dapat diedit dengan aplikasi yang mendukung untuk editing foto, dan dapat dicetak dengan cepat bahkan hanya beberapa menit. Apabila hasil foto dalam kamera DSLR belum bagus, anda dapat menghapusnya dan memotret ulang.

Leave a Reply