Mengenal Apa Itu Lensa Prime?

Admin April 28th, 2020 0 comments Artikel

Sama halnya dengan kamera, lensa juga memiliki jenis yang berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Salah satu dari sekian banyak jenis lensa yang ada adalah lensa prime. Apa itu Lensa Prime?

Foto: petapixel.com

Lensa Prime atau Lensa Tetap atau biasa orang menyebutnya Lensa Fixed adalah lensa dengan jarak fokus yang tidak dapat diubah namun memiliki aperture yang lebar. Lensa Prime merupakan kebalikan dari Lensa Zoom. Jika Lensa Zoom adalah lensa yang memiliki jarak fokus tertentu dan dapat diubah-ubah (contohnya 70-200mm). Maka, Lensa Prime hanya memiliki panjang fokus tetap dan tidak dapat diubah (contohnya 35mm).

Foto: pinterest

Sederhananya, Lensa Prime tidak memiliki fungsi memperbesar atau memperkecil jarak seperti Lensa Zoom. Sehingga untuk mengatur jarak yang sesuai pada sasaran. pengguna dipaksa untuk maju dan mundur untuk menyesuaikannya. Secara fisik, Lensa Prime memiliki ukuran yang kecil, ringkas dan bobot yang ringan. Harga yang dipasarkan lebih terjangkau karena fitur yang ditawarkan mudah untuk digunakan.

Foto: pinterest

Bukaan Aperture yang besar membuat lensa ini dapat mengumpulkan banyak cahaya dan mengurangi penggunaan ISO yang tinggi. Sehingga dapat menghasilkan Depth Of Field atau Blur pada gambar yang lebih tajam dan indah. Istilah ini biasa disebut Bokeh. Lensa Prime memiliki daya fokus yang cepat dalam menangkap sasaran pada objek atau subjek dengan menggunakan shutter speed yang tinggi saat memaksimalkan aperture.

Foto : I-FOTOGRAFI/ Ahmad Tri Hawaari

Pilihan lensa Prime memiliki kekurangan dan kelebihan, jika dilihat dari kegunaan yang tersedia lensa ini cocok untuk memotret dengan manusia sebagai objek atau Potrait jika dalam genre Fotografi.

Leave a Reply