Limbah Kayu di Sulap menjadi Kacamata Unik

Admin April 22nd, 2019 0 comments Artikel

Reporter: Rury Rufica. A

Dahulu kacamata tak lebih hanya di fungsikan sebagai alat bantu penglihatan, sekarang kacamata sudah menjadi suatu kebutuhan fashion yang perkembangannya semakin pesat.
berbagai brand terkemuka berlomba-lomba mengeluarkan edisi kacamata termutakhir guna memenuhi “gairah” fashion di era milenial.
Untuk memenuhi kebutuhan pasar, banyak pelaku dunia bisnis menghadirkan inovasi pada beberapa macam item fashion salah satunya kacamata.

Khalayak memandang kacamata hanya terbuat dari material plastik, metal atau besi.
berbeda dengan dua pemuda asal Pamulang yaitu David Chandra (29) dan Yuyud Wahyudin (35) yang menyulap limbah kayu menjadi sebuah kerajinan kacamata.

Kacamata kayu yang di beri nama Urat kayu di bandrol dengan harga mulai dari Rp.250.000, – hingga Rp. 750.000,- tergantung model dan material kayu yang di gunakan.

“bukan dari material kayunya, tapi proses kreativitas dari pembuatan kacamata kayu ini” ujar David.

Mereka menerima pesanan kacamata sesuai permintaan, biasanya untuk kebutuhan gaya semata, baca atau minus dan plus yang lensanya telah di sesuaikan. Untuk penggunaan lensa kacamata minus dan plus, Urat kayu telah bekerjasama dengan beberapa optik terkait.
Perawatan kacamata ini di akui david sama seperti kacamata pada umumnya.

“kalau perawatannya sama saja seperti kacamata lainnya,tinggal di bersihkan dengan lap kacamata” ujar David.

Beralamat di Jalan Salak 8 no.20 RT 001/003, Pondok Benda, Pamulang, Tangerang Selatan.Proses produksi kacamata yang di buat memakan waktu kurang lebih 8 jam untuk tiap unit.

Menurut pernyataan mereka hal yang paling sulit dalam produksi kacamata kayu adalah membuat pola, karena bagian tersebut harus presisi antara sisi kanan dan kiri bingkai. Bisnis yang baru di rintis sekitar 2 bulan telah berhasil memasarkan produknya hingga Probolinggo serta daerah-daerah lainnya di pulau Jawa.
Dalam pemasarannya mereka memanfaatkan sosial media Instagram “Uratkayu08” beberapa koleksi dari kacamata kayu dan kerajinan kayu lainnya di pasarkan di akun Instagram tersebut. Kerajinan ini mampu bersaing dengan perusahaan yang memproduksi kacamata dan mengembangkan bisnis ekonomi yang di jalani

Leave a Reply