Hal Yang Harus Diketahui Tentang Virus Corona

Admin March 6th, 2020 0 comments Artikel
Foto dan Artikel oleh Ahmad Tri Hawari, Rury Rufica. A

Untuk lebih mewaspadai terjadinya penyebaran virus corona, simak beberapa hal di bawah ini :

 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV merupakan virus yang menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan. Sejak terdeteksinya virus corona di Kota Wuhan, Cina, pada pertengahan Desember 2019 lalu, penyebarannya kian merebak ke negara lain, tidak terkecuali Indonesia.  Presiden Joko Widodo bersama Menteri Kesehatan resmi mengumumkan dua orang di Indonesia positif terjangkit virus corona (2/3/2020).

 Faktor Risiko

Tidak ada batasan usia, siapa saja dapat terinfeksi virus corona namun bayi dan anak kecil serta orang dengan kekebalan tubuh yang lemah merupakan golongan yang rentan terinfeksi. Di beberapa negara, kondisi musim dan suhu sangat berpengaruh pada penyebaran virus corona. Seseorang yang tinggal dan berpergian ke daerah atau negara rawan virus corona juga sangat beresiko terinfeksi.

Penularan

Menurut National Center for Infectious Disease, Virus Corona dapat bertahan satu hingga tiga jam di lingkungan panas dan lembab. Virus corona dapat menyebar melalui :

1. Percikan air liur orang yang terinfeksi (batuk dan bersin)

2. Menyentuh tangan atau wajah orang yang terinfeksi

3. Menyentuh mata, hidung atau mulut setelah memegang barang yang terkena percikan air liur pengidap virus corona

Gejala

Masa inkubasi rata-rata virus corona mencapai  2-14 hari setelah virus masuk kedalam tubuh dan menimbulkan gejala. Berikut gejala infeksi virus corona :

1. Demam dengan suhu berkisar 38 derajat celcius

2. Sesak napas dan nyeri  tenggorokan

3. Batuk dan Pilek

 Pencegahan

Sampai saat ini belum ditemukan vaksin untuk menangani penyebaran virus corona. Beberapa gejala yang timbul bisa diobati dengan pengobatan berdasarkan kondisi klinis pasien. Kemenkes mengajak masyarakat Indonesia melalui program GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) guna mencegah terjadinya  infeksi virus corona, berikut caranya :

1. Makan dengan gizi yang seimbang

2. Jaga kebersihan lingkungan

3. Minum air mineral 8 gelas/hari

4. Tidak Merokok

5. Cuci tangan pakai sabun

6. Makan makanan yang dimasak sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan

7. Rajin olahraga dan istirahat cukup

8. Gunakan masker bila batuk dan bersin atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam

9. Bila demam dan sesak napas segera ke fasilitas kesehatan

Dengan menjaga kebersihan dan kesehatan pribadi akan meminimalisir melemahnya sistem kekebalan tubuh, kenali gejala dan perhatikan kondisi lingkungan sekitar guna menambah kewaspadaan diri.  Tetap cerdas menyikapi dan tidak menimbulkan kepanikan berlebih di masyarakat.

Leave a Reply