DJI SPARK VS DJI MAVIC MINI

Admin May 12th, 2020 0 comments Artikel

Dari banyaknya teknologi canggih saat ini, salah satu yang akan kita bahas yaitu Drone. Pada dasarnya drone itu sendiri ialah alat canggih berupa pesawat kecil yang di lengkapi dengan kamera. Untuk mengontrol drone ini digunakan remote sebagai pengarahnya. Terdapat beberapa jenis drone yang sering digunakan dan dicari. Contohnya seperti DJI Mavic Mini yang menjadi perbincangan hangat di dunia drone. Pasalnya, selain dimensinya yang sangat ringkas, drone ini juga membawa fitur menarik lain, yang menggeser posisi DJI Spark sebagai drone paling ringkas dari DJI. Untuk mengetahui perbedaannya, mari kita simak artikel berikut.

1. Desain

Perbedaan paling utama dari DJI Mavic Mini dan DJI Spark ialah desainnya. DJI Mavic Mini  dibuat dengan desain lipat, sedangkan DJI Spark rancangannya tidak bisa dilipat.

2. Berat

Meskipun memiliki bentuk yang sama-sama kecil, DJI Spark lebih berat 51g daripada DJI Mavic Mini. Bobot DJI Mavic Mini hanya 249g saja.

Pasalnya, mengacu pada standar regulasi FAA (Federal Aviation Administration) di Amerika Serikat, drone dengan bobot lebih dari 250 gram wajib didaftarkan untuk mendapat izin terbang. Dengan bobot 249 gram artinya DJI Mavic Mini bisa terbang tanpa perlu izin FAA.Maka ia tidak perlu mendaftarkan untuk mendapat izin terbang.

3. Jarak Tempuh

DJI Mavic Mini bisa terbang hingga sejauh 4 km. Lebih jauh dari DJI Spark yang hanya mampu terbang sejauh 2 km. Dengan demikian, DJI Spark lebih ngebut jika dibandingkan Mavic Mini. DJI Spark bisa terbang dengan kecepatan maksimum 50 km/jam sedangkan Mavic Mini 47 Km/jam.

4. Ketinggian

Ketinggian maksimum DJI Mavic Mini adalah 3000 m di atas permukaan laut. Sedangkan DJI Spark mampu terbang hingga ketinggan 4000 m. Maka, jika kita berada di lokasi yang dasarnya cukup tinggi (gunung misalnya), Spark lebih mungkin untuk diterbangkan sementara Mavic Mini mungkin secara sistem tidak akan mau terbang karena lokasi yang terlalu tinggi dibandingkan permukaan laut.

Foto : I-fotografi/Fahrullah

5. Sensor Kamera

DJI Mavic Mini dan DJI Spark membawa modul kamera dengan sensor yang sama yakni sensor CMOS berukuran 1/2.3 inci yang resolusinya 12 megapixel.

Maka, kemampuan rekam video Mavic Mini bisa hingga resolusi 2.7 K 60fps. Lebih baik jika dibandingkan Spark yang hanya mampu merekam video hingga resolusi Full HD saja. Hasil videonya juga akan lebih baik dengan bitrate yang lebih tinggi yakni 40 Mbps, sementara Spark hanya 24 Mbps.

6. Gimbal

Dalam hal Gimbal, DJI Mavic Mini terpasang 3-axis. Sedangkan DJI Spark modul kameranya hanya terpasang di gimbal 2-axis. Maka, Mavic Mini bisa lebih stabil dalam merekam video.

7. Baterai

Untuk durasi terbang DJI Mavic Mini bisa terbang hingga sekitar 30 menit untuk sekali isi ulang baterai. Nyaris dua kali lebih lama jika dibandingkan Spark yang hanya bisa terbang selama 16 menit saja.

Nah, gimana temen-temen? Sekarang sudah tau kan perbedaannya. Perbedaan tersebut akan membantu untuk memutuskan drone mana yang lebih baik. Apapun itu, tetap sesuai dengan kebutuhan masing-masing ya.

Sumber : https://www.yangcanggih.com/2019/11/01/inilah-perbedaan-dji-mavic-mini-dan-dji-spark/

Leave a Reply